Kamis, 16 Mei 2013

Janji Mentari


Meriahnya bunyi klakson disiang bolong sudah menjadi rutinitas di jantung ibukota. Hiruk pikuknya yang penat malah menarik berbagai macam manusia untuk datang berlomba untuk mengeruk rupiah. Inilah kota jakarta.
Seirama dengan perkembangan industri yang pesat, jakarta juga sarat dengan dunia remaja yang glamor. Fenomena kenalakan remaja merajalela, salah satunya di SMA 71 jakarta.
Michel             : (Menyodorkan sebatang rokok)
“Mau nggak?”
Mentari            : “Kagak.”
Michel                         : “Masak roko aja gak berani? Katanya mau jadi anak gaul Jakarta? Katanya gak mau cupu lagi? Cobain!
Mentari            : “Preketek. . . kalo maksa ada aja alasannya.” (Mengambil rokok)
Michel             : “Nah loh, mau tapi malu. Hari ini kagak ada guru, bolos aja yuk. . . “
Riko                : (Datang menghampiri)
“Hi sob. . bagi rokok dong.”
Michel             : “Muka lu kucel amat?”
(Memberikan rokok)
Riko                : “Diputusin,”
Michel             : “Halah. . . muke lu. . bukannya masih ada yang lain?”
Riko                : “Barusan cewek gua yang terakhir. . udah abis, cariin dong chel.”
Michel             : “Sana sama nenek-nenek penjaga kantin.”
Riko                : “Serius gue!”
Michel             : “Okey. . okey. . ini gue kenalin langsung.”
(Menepuk pundak Mentari)
Riko                : (Terpesona)
“Hi, gue Maikel.”
Mentari            : (Tersenyum)
                          “Mentari.”
Michel             : (Menepuk pundak Riko)
“Maikel apaan? Azmi co’e.”
Riko                : “Heh! Iki drama lhoh.”
Michel             : “Hhehehe. . Namanya Riko tar, bukan Maikel.”
Mentari            : “Ooowh. . Riko ya. . ?”
Riko                : “ Mau gak jadi pacar gue? Punya pacar gak lu?”
Michel               : “Bener tuh, Riko bisa ngajarin elo jadi cewek gaul. Biar lo gak cupu lagi.”
Mentari            : “Hah? Pacaran?”
Riko                : “Iya. Ya udah sekarang kita jadian. Ikut gue, tak beliin coklat biar romantis. Hheheh.”
(Menarik mentari pergi)
Michel             : “Hey, traktir gue lho jangan lupa!”
(Mengikuti Mentari dan Riko)

SCENE II

Mama              : (Membenarkan kerah baju Om Subagyo)
“Nah gitu ganteng, pah.”
Om Subagyo   : “Kamu memang istri idaman.”
Mama              : “Tapi sayangnya aku cuma selingkuhanmu.”
Om Subagyo   : “Maafin aku, aku belum bisa sekarang. Kamu tahu istriku masih sakit.”
Mama              : “Ehm. . gimana keadaannya sekarang?”
Om Subagyo   : “Dia harus menjalani operasi pencangkokan ginjal baru.”
Mama              : “Udah dapet?”
Om Subagyo   : “Belum. . .”
Mama              : “Kalau aku  mau donorin ginjalku, kamu mau bayar berapa?”
Om Subagyo     : “Hus! Jangan bercanda! Aku memang akan membayar 500 juta untuk pendonor nanti, tapi jangan kamu, operasi ini terlalu berbahaya.”
Mama              : “Nyawa istrimu jauh lebih berharga daripada nyawaku.”
Om Subagyo   : “Jangan ngomong gitu! Aku saying kamu.”
Mentari            : (Tiba-tiba datang)
“Ehem!”
Mama              : “Eh, udah pulang sayang? Sore banget? Dariaman aja?”
Mentari            : “Minta duit mah.”
Mama              : “Jawab dulu, darimana kamu?”
Mentari            : “Sekolahan, duit mana?”
Om Subagyo   : “Itu temennya kok gak diajak masuk?”
Mentari            : “Sapa yang  ngomong ama elo?”
(Ketus)
Mama              : “Enggak boleh gitu dong. Kamu pulang sama siapa?”
(Melihat keluar rumah)
Mentari            : “Sama Riko. Mana duit mah? Cepetan. . “
Mama              : “Sejak kapan kamu pacaran? Emang mama ngebolehin kamu pacaran?”
Mentari           : “Ih mama, mentari kan udah gede. Jaman sekarang pacaran udah wajar kali mah.”
Mama                          : “Semenjak bergaul dengan teman baru itu, kamu menjadi pembangkang. Berani sama mama.”
Om Subagyo   : “Sudah, , sudah. . Ini buat kamu.”
                          (Memberikan dua lembar seratus ribuan kepada Mentari)
Mentari            : (Menyambar uang tersebut)
Om Subagyo   : “Jangan malem-malem pulangnya.”
Mentari           : “Eh, gak usah nglunjak berani nasehati, gue Cuma butuh duitu lo, bukan perhatian lo.
(Keluar rumah)
Mama              : “Nggak usah pulang aja sekalian.”
Mentari            : “Emang! Enek mentari lihat pacar mama itu!”
(Sambil pergi meninggalkan mereka)
Mama              : “Lihat kelakuannya sekarang, mas.”
(Sambil menangis)
Om Subagyo   : “Selama aku bisa, seberapapun kamu butuh uang, aku akan kasih.”
Mama                          : “Kayaknya aku mau jual ginjalku buat istri kamu, tapi tolong jangan bilang mentari ya.”
Om Subagyo   : “Pikirkan dulu baik-baik. Sudah ya aku pulang dulu.”
Mama              : (Mengangguk, mencium tangan Om Subagyo)

SCENE III

Jam sudah menunjukkan pukul 10 malam. Tetapi Mentari belum juga pulang ke rumah. Dia pergi bersama Riko ke kostan Michel.
Riko                : “Mana katanya mau ngasih gratisan?”
Michel             : “Nih.”
Riko                : “Thanks, sayang.”
(Sambil menggosok-gosok kepala Michel)
Mentari            : “Itu apa?”
Michel             : “Cobain dech, enak kok!”
Riko                : “Iya say, enak kok.”
(Menyodorkan narkoba ke Mentari)
Mentari            : (Mencoba narkoba itu)
Michel                         : “Tar, mama elo baik banget sama elo? Kenapa elo gak minta dibeliin mobil aja sekalian?”
Mentari           : “Enggak lah, gak tega. Mama itu Cuma guru honorer. Mama rela jadi istri simpenan biar hidup kita ada yang nanggung.”
Michel             : “Kenapa gak mati aja lo berdua, biar gak nyusahin orang.”
Mentari            : “Gue pengen mati tapi mama gue jangan.”
Michel             : “Apa gak ketuker tuh? Kasihan kan istri sahnya bokap angkat lo itu. . “
Mentari            : “Dia bukan bokap gue! Jaga mulut lo! Selamanya bukan !
Michel             : “Baguslah kalo elo sadar diri.”
Michel             : “By the way, lo pacaran udah ngapai aja?”
Mentari            : “Tadi siang gue ama dia makan siang romantis.”
Michel             : “Hahaha. . Romantis apaan? Norak banget tau!”
Mentari            : “Biar gak norak gimana?”
Michel             : “Sini gue bisikin.”
(Mentari dan Michel berbisik-bisik)
Mentari            : “Astaghfirullah hal’adzim.”
Michel             : “Berani gak?”
Mentari            : (Bengong)
“Nggak ah gila apa?”
Michel             : “Riko kayaknya okey okey aja.”
Riko                : “Apaan sich?”
Michel             : Itu tu!
(Sambil mengedipkan mata)
Riko                : “Oh. . Ayo. . !”
Mentari            : “Ogah ah!”
Riko                : (Menarik tangan Mentari)
Michel             : “Gue pergi dulu ya. . .!
(Pergi meninggalkan mereka berdua)
(Setelah beberapa menit, riko dan Mentari keluar)
Mama              : “Tar! Ngapain kamu?”
Mentari            : (Kaget)
“Mama?”
Mama              : (Menampar Mentari)
Mentari            : (Jatuh terpuruk)
“Mama!”
Mama              : “Kapan kamu berubah? Tanbah gede tambah kacau.”
Riko                : (Pergi meninggalkan mereka)
Mentari            : “Iya ma, kalau udah 17 tahun aku akan berubah kok.”
Mama              : “Iya, mama pegang janjimu!”
Mama              : (Pulang meninggalkan Mentari)
“Pulang kamu sekarang!”
Mentari            : “Hmmm.”
(Mengikuti mamanya pulang)

SCENE IV

Matahari mulai menyuguhkan kehangatannya di minggu yang cerah. Secerah wajah Mentari yang membayangkan punya mobil baru. Ternyata Michel berhasil mempengaruhi Mentari untuk meminta mamanya agar membelikannya mobil baru.
Mentari            : “Pagi mah.”
Mama              : “Iya pagi.”
(Menyiapkan sarapan)
Mentari            : “Mah, yang tadi malem maafin mentari ya.”
Mama                          : “Pokoknya kamu sudah janji akan berubah diusia kamu yang ke 17 tahun. Bulan depan ulang tahun kamu yang ke 17 lho. .!”
Mentari            : “Tapi beliin Mentari mobil baru.”
Mama              : “Mobil? Uang dari mana mama?”
Mentari              : “Ya Mentari gak mau tahu. Mentari mau nurutin mama, tapi mama harus nurutin Mentari juga dong.”
Mama              : “Permintaan kamu enggak lihat kondisi.”
Mentari            : “Enggak, pokoknya Mentari minta mobil Yaris lho mah.”
Mama              : “Maafin ma. . .”
Mentari            : “Pokoknya kalo mama gak bisa nepati janji mama, Mentari juga gak nepati janji Mentari.”
Mama              : (Diam)
Mentari            : “Mah!”
Mama              : “Iya. . Iya. . Mama usahakan.”
Mentari            : “Ya udah ya mah, Mentari pergi dulu.”
                                    (Mencium tangan mamanya terus langsung pergi)
Mama              : “Hati-hati, jangan pacaran!”
Mentari            : “Yaris dulu dong.”
Mama              : (Mengelap tangan lalu mengambil HP dari sakunya)
“Mas Bagyo, bisa jemput aku sekarang? Aku mau ngomong sama kamu.”
            (Meletakkan HP lalu menarih piring ke tempatnya)
Om Subagyo   : (Datang)
                          “Kenapa sayang? Ada yang penting bangat ya?”
Mama              : “Aku butuh uang mas, aku mau donorin ginjalku buat istri kamu.”
Om subagyo    : “Sudah dipikirkan baik-baik?”
Mama              : “Iya.”
Om Subagyo   : “Ya sudah lah kita ke rumah sakit sekarang, buat menuhi prosedur sebelum operasi.”
(Mengajak mama ke rumah sakit)
Mama              : (Mengikuti Om Subagyo)
(Di rumah sakit)
Dokter             : “Selamat siang.”
          (Tersenyum dan menyalami Om subagyo dan Mama)
Om subagyo    : “Begini lho dok, saya sudah menemukan calon donor ginjal untuk istri saya.”
Dokter               : “Oh, Ibu berani untuk mendonorkan ginjal ibu? Resikonya besar lho bu. Bagaimana?”
Mama              : “Iya dok, saya berani.”
Dokter             : “Ya sudah kalau niat Ibu sudah bulat tolong tanda tangan surat ini.”
          (Sambil menyodorkan surat)
Mama              : (Menandatangani surat itu)
Dokter               : “Untuk menghindari kemungkinan terburuk, maka kami harus melakukan prosedur pra operasi lebih cepat. Ibu harus mengikuti serangkaian tes agar dapat mengetahui apakah ginjal Ibu dapat didonorkan atau tidak.”
Mama              : “Baik dok, saya siap.”
Dokter               : “Ibu juga harus istirahat total. Jika kondisi fisik atau emosi Ibu mengalami tekanan, resiko pendarahan ketika operasi akan sangat berbahaya.”
Om subagyo    : “Tenang saja dok, saya akan menjaganya.”
Dokter             : “Baiklah kalau begitu, mohon ditunggu di ruang Radiologi.”
Om Subagyo   : “Baiklah dok, kami permisi.”
          (Keluar ruangan bersama mama)

SCENE V
Hampir sebulan berlalu, tentunya tanpa sepengetahuan Mentari, mamanya bolak-balik ke rumah sakit untuk menjalani prosedur. Tentu saja hal tersebut membuat Mentari curiga. Mamanya semakin sering keluar rumah.
Mama              : (Berjalan sambil menenteng tas hendak pergi ke rumah sakit)
Mentari            : “Pergi sama Om Bagyo lagi? Kenapa sekalian ga usah pulang aja?”
Mama              : (Berhenti, menatap Mentari)
Mentari            : “Yaris jangan lupa lho!”
(Nyengir)
Mama              : “Jangan lupa janji kamu, jangan lupa! Mama pergi dulu.”
(Berjalan meninggalkan Mentari)
Mentari             : “Mama kok lupa sich, ngucapin selamat aja enggak. Padahal ini hari ulang tahunku.”
Setelah mamanya pergi, Mentari langsung masuk kamarnya.
Mentari            : (Mengeluarkan HP dari sakunya dan menelpon Riko)
                        “Riko maaf  ko, gue. . . Kemarin gue ke dokter, ternyata gue ha. . gue hamil ko.”
(Riko mematikan telepon)
Mentari            : “Ko, Riko?”
(Nangis)
Michel             : (Tiba-tiba datang)
“Happy birthday Tari!”
Mentari            : (Masih menangis)
Michel             : “Tar, elo kenapa?”
Mentari             : “Elo tau? Gue hamil chel. . . Dan Riko ngilang! Hidup gue bakalan ancur! Mama tiap hari pergi sama om-om itu, nggak ada yang peduli sama gue lagi.”
Michel             : “Tenang masih ada ague kok, Riko asti tanggung jawab.”
Riko                : (Tiba-tiba datang dengan membawa sesuatu)
Mentari            : “Riko?”
Riko                : “Tari?”
(Slow motion)
Michel             : “Tu kan dia dateng.”
Mentari            : “Aku kira kamu bakal ninggalin aku, ko.”
Riko                : “Enggak akan, tar.”
Michel               : “Udah-udah, romantisnya nanti lagi. Sekarang kita rayain dulu ulang tahun elo, tar.ini gue bawa banyak barang-barang.”
(Mengeluarkan beberapa kokain)
Mentari            : “Sip. . . Mantap lo chel.”
Michel             : (Membagi kokain yang dibawanya)
Riko                : “Ini tar, obat peluruh dari dokter yang bias bikin lo gak hamil lagi.”
Mentari            : “Beneran?”
Riko                : “Minum, tar.”
(Menyodorkan minuman)
Mentari            : (Langsung meminumnya)
Mama              : (Masuk rumah dan melihat Mentari dan teman-temannya pesta narkoba)
Mentari            : “Mah?”
Mama              : (Menangis)
“Ini yang kamu bilang tepati janji? Mama sudah melakukan apa saja untuk memenuhi janji mama, tapi apa yang kamu lakukan?”
Mentari            : “Mah. . . “
Mama              : “Mama kecewa, kecewa sama kamu.”
                          (Pergi meninggalkan Mentari)
Mentari            : “Mah. . .”
(Berusaha mengejar mamanya tapi terjatuh dan batuk-batuk)
Michel             : “Tar, lo gak apa-apa?”
(Mengambilkan tissue untuk Tari)
Riko                : “Elo batuk darah, tar. Kita ke rumah sakit sekarang.”
Mentari            : (Mencoba berbicara tapi tidak bisa)

SCENE VI

Di rumah sakit pukul 12.45 Mentari sadar dari pingsannya.
Mentari            : “Mama. . Mama mana? Suaraku kenapa?”
(Menangis)
Dokter             : “Sudah kamu istirahat dulu saja.”
Riko                : (Menarik dokter)
“Kenapa dengan suara mentari dok?”
Dokter                : “Pita suaranya rusak, akibat obat peluruh yang kamu berikan bereaksi dengan narkoba.”
Riko                : “Hah?”
(Menyesal)
Michel             : (Datang)
“Kenapa ko?”
Dokter             : “Pita suaranya rusak permanen.”
Michel             : “Hah?”
Om Subagyo   : (Datang)
“Ya ampun Mentari. . Kenapa kamu bias di sini? Om mencarimu kemana-mana.”
Mentari            : “Mam. . . a.”
Om Subagyo   : (Melihat Michel)
                           “Loh Michel?”
Michel               : “Apa pah? Kaget? Michel udah tahu semuanya, papa selingkuh dengan mamanya Mentari kn?”
Riko                : “Lho? Chel. . Jadi Om Subagyo itu papamu?”
Michel               : “Iya, elo tahu ko? Betapa sakitnya guewaktu tau papa selingkung disaat mama sakit keras! Dan kamu tau? Gue yang sudah merencanakan semua ini. Gue dendam sama mamanya mentari. Gue sengaja ngrusak mentari buat bikin mamanya terluka. Sama, lebih sakit dari apa yang mama gue rasakan.”
Riko                : “Jadi elo sengaja ngrusak Tari?”
Michel             : “Iya, gue benci! Gue benci elo, tar!
Om Subagyo   : (Menampar Michel)
“Cukup! Kamu tahu apa yang telah kamu perbuat? Mama Tari meninggal saat operasi, dia mengalami pendarahan hebat karena tekanan emosi.”
Michel             : “Bagus deng, masih lebih baik daripada nyusahin orang lain.”
Riko                : “Mama Tari operasi apa? Tadi siang masih sehat-sehat aja?”
Om Subagyo   : “Dia mentransplantsikan ginjalnya untuk mamamu, chel.”
Michel             : “Apa? Jadi, mama? Mama gimana?”
Om Subagyo     : “Mama kamu juga meninggal karenagak ada lagi ginjal yang bias dicangkokkan untuk menolong mamamu.”
Mentari            : (Bangkit dan histeris)
“Mam. . .a. . . men. . . inggal. . . om? Mam. . . . a . . dim. .ana. . om?
(Mereka berjalan menuju ruang jenazah)
Dokter              : “Maaf kami sudah berusaha, pasien ini meninggal sesaat sebelum sadarkan diri, mentari.”
Mentari            : (Menangis dan meminta maaf dengan susah payah)
“Mah, maafin Tari, Mentari tidak menepati janji. Kenapa mama tinggalin Tari? Tari sekarang tidak bias berbicara, ma.”
Om Subagyo dan Riko           : (Diam)
Michel             : (Menepuk bahu Tari)
“Maafin gue. . gue gak pantes dapat maaf. Tapi gue nyesel, gue bener-bener nyesel. Gue udah ngrusak hidup lo. Gue udah bikin mama gue sendiri meninggal.”
Dokter             : “Jangan menyalahkan. Ini semua sudah takdir Tuhan.”

            Semua yang akan terjadi nanti tidak ada yang pernah tahu. Hanyalah penyesalan yang didapatkan Mentari dan Michel. Mentaru tak akan bisa lagi berbicara dan tidak ada lagi kesempatan untuk meminta maaf. Janji yang sudah ia buat, ia ingkari sendiri. Dan Michel, ia telah merusak sahabatnya, juga telah membiarkan mamanya sendiri meninggal. 

0 komentar:

animasi  cartoon dan naruto serta onepiece yang bergerak atau gif
ENJOY and BE INSPIRED



Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
RINTAN |SD KRATON KIDUL| SMPN 2 PEKALONGAN | SMAN 1 PEKALONGAN | UNIKAL |SUKSES|AMIN :)

Mi perfil

Foto Saya
Rintan Permata
RINTAN |SD KRATON KIDUL| SMPN 2 PEKALONGAN | SMAN 1 PEKALONGAN | UNIKAL |SUKSES|AMIN :)
Lihat profil lengkapku