ada yang ingin punya karyawan??? saya bagi tipsnya yang saya ringkas dari buku Instant
Turnaround! ( Cara Instan Mengobarkan Semangat Kerja Karyawan)
Pengarang : Harry Paul dan Ross Reck, PH.D.
Sekarang
banyak manajer yang tidak dapat menjadi seorang atasan yang baik. Mereka tidak
memahami banyak hal,seperti : mereka sangat memperhatikan tingkat kinerja dan
keuntungan, kebanyakan dari mereka hanya memahami semakin keras karyawan
bekerja maka tingkat keuntungan yang mereka peroleh akan semakin banyak, banyak
manajer tidak memahami bahwa semakin baik mereka memperlakukan karyawan maka
para karyawan maka para karyawan itu akan semakin keras bekerja.
Mengatur
karyawan secara tegas berdasarkan tingkat kinerja memberikan pesan- pesan yang
salah, seperti : tingkat kinerja dan keuntungan lebih penting daripada karyawan
itu sendiri, manajer tidak mempercayai karyawan, karyawan dapat dikorbankan,
manajer tidak peduli dengan kesejahteraan karyawan. Pesan-pesan ini tidak hanya
memotivasi karyawan menjadi sangat tidak produktif, tetapi juga memberikan
dorongan yang kuat bagi mereka yang berkinerja lebih baik untuk mencari
pekerjaan di tempat lain.
Seorang
manajer harus membuat karyawannya menjadi puas agar produktivitas meningkat.
Ciri- ciri karyawan yang puas adalah karyawan lebih banyak tersenyum banyak
bergembira, bekerja lebih keras, memiliki kerja sama lebih baik dengan rekan-
rekan sekerjanya, menyukai atasan mereka. Di sini dapat disimpulkan bahwa
karyawan yang puas adalah karyawan yang produktif.
Sebagai
manajer harus mengetahui bahwa pekerjaan adalah untuk menciptakan lingkungan
kerja dimana karyawan : bersemangat datang setiap hari, merasa dihargai dan
dipedulikan, datang untuk mengisi ulang baterai mereka, bangun di pagi hari dan
senang pergi ke tempat kerja.
Mengelola
dengan kepercayaan memberikan kebebasan kepada karyawan untuk mengubah
pekerjaan menjadi suatu kesenangan. Hasilnya adalah tugas- tugas yang paling
biasa dan berulang- ulang menjadi menyenangkan, karyawan menunggu dengan
antusias untuk datang ke tempat kerja
setiap hari, karyawan lebih bersedia melakukan usaha secara sukarela
dalam mengerjakan tugas- tugas mereka.
Sebagai
seorang manajer harus mampu menggali potensi terbaik karyawan dengan memotivasi
mereka berdasarkan kepercayaan, bukan rasa takut. Memotivasi dengan kepercayaan
dapat dilakukan dengan cara : be real
(bersikap realistis), be appreciative (bersikap penuh penghargaan) , be interested
(menunjukan minat), be nice ( bersikap baik hati) .
Selain
itu, sebagai manajer harus mengetahui bahwa pekerjaan membuat pekerjaan manajer
menjadi lebih mudah dan menyenangkan : karyawan menyukai Anda dan berusaha
mencari perhatian terbaik Anda, karyawan ingin berbicara dengan Anda dan
memberi tahu Anda apa yang sedang terjadi, menghabiskan waktu dengan karyawan
Anda menjadi sumber kebahagiaan, tingkat kinerja Anda akan meningkat, yang
membuat Anda terlihat benar- benar hebat dalam tinjauan kinerja Anda.
Jika
para manajer senior menerapkan program yang bertujuan pekerjaan dan
berinteraksi dengan karyawan lini depan, mereka
mendapatkan pesan bahwa manajer tersebut benar- benar peduli terhadap
mereka. Jika hal ini terjadi, beberapa hal yang sangat luar biasa mulai terjadi
: karyawan lini depan semakin meningkatkan usaha mereka secara sukarela untuk
mengerjakan tugas- tugas mereka, pekerjaan para manajer bawahan menjadi jauh
lebih mudah karena manajemen senior secara langsung mendukung upaya mereka,
tingkat kinerja dan laba akan naik pada tingkat yang lebih tinggi.
Ketika
perusahaan menerapkan program dengan tujuan setiap pekerjaan menjadikan setian
orang merasa puas, maka : karyawan penuh harap untuk datang ke tempat kerja dan
bekerja keras, manajer tingkat bawah dan menengah tidak lagi harus
mengkhawatirkan adanya peninjauan atas kinerja mereka, tingkat kinerja dan laba
yang begitu dikhawatirkan para manajer senior akan melebihi apapun yang dapat
dicapai berdasarkan manajer berbasis angka dan seluruh tempat kerja dicirikan
dengan kegembiraan yang menular, yang terwujud dalam pengalaman- pengalaman
positif bagi para pelanggan dan pemegang saham.
Jika
manajer menerapkan program yang memiliki tujuan pekerjaan adalah harga termurah
di dunia, maka : program ini harus tidak membutuhkan biaya sama sekali, program
ini hampir tidak membutuhkan usaha sama sekali, program ini mendorong tingkat
kinerja dan keuntungan yang sangat tinggi, pengaruhnya langsung, setiap orang
merasa puas.
Setelah
itu lakukan langkah- langkah untuk megubah pekerjaan menjadi tujuan tempat yang
membuat para karyawan bersemangat untuk datang setiap hari.
0 komentar:
Posting Komentar